pengantar

Alhamdulillah, segala pujian yang sempurna dan agung disampaikan kepada Allah, Tuhan yang telah menurunkan al-Qur’an sebagai petunjuk buat ummat manusia menuju kebenaran haqiqi, menjelaskan perbedaan yang haq dan yang batil, mengingatkan manusia akan kehidupan yang sebenarnya, baik di dunia maupun di akhirat. Pada akhirnya al-Qur’an akan menjadi syafa’at buat mereka yang menghormati dan menempatkannya pada posisi yang benar. Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

Semoga salawat dan salam selalu tercurah untuk manusia termulia yang pernah ada, nabi Muhammad ibn Abdillah ibn Abd al-Muttalib ibn Manaf al-Qurasyi. Nabi yang menerima wahyu dari Allah swt melalui Jibril as, menjaga dan menyampaikannya kepada ummatnya, mengamalkan isinya, menjelaskan perkara yang belum dimengerti sahabat-sahabatnya. Sungguh mulia Rusulullah saw yang berakhlakkan al-Qur’an ini. Semoga kita bisa menjadi ummatnya yang baik dan setia.

Semoga salawat dan salam juga Allah berikan kepada para sahabat, kerabat dan pengikut setia Rasulullah saw sampai akhir zaman. Amin.

Ketika al-Qur’an diakui dan disepakati oleh ummat Islam sebagai firman Allah yang Maha Benar, jauh dari kesalahan dan kekeliruan. Diturunkan kepada Muhammad saw untuk dijadikan bacaan sekaligus petunjuk untuk seluruh manusia, agar mereka dapat mengarungi kehidupan dengan selamat, baik di dunia maupun di akhirat.

Menyadari akan kedudukan al-Qur’an yang tinggi, manfaat al-Qur’an yang sangat besar dan al-Qur’an juga merupakan petunjuk bagi semua orang dari semua lapisan masyarakat, maka berdasarkan keyakinan itu memahami al-Qur’an menjadi suatu keniscayaan, kewajiban dan kebutuhan. Kebutuhannya tidak pada tahapan skunder, tapi sudah kebutuhan primer, mendesak dan urgen.

Ketika kata orang “dunia semakin gila”, arus informasi semakin tidak bisa dibendung, maka membentengi diri agar tetap kokoh dalam sendi-sendi agama harus diupayakan.  Semua ulama sepakat bahwa benteng terkokoh untuk menjaga keimanan adalah kembali kepada ajaran al-Qur’an dan Hadis.

Namun sayangnya, semua itu terkendala dengan realita yang kita lihat di tanah air, interaksi yang aktif antara seorang muslim dengan al-Qur’an terhambat dengan dua faktor utama: Al-Qur’an yang belum dihafal dan bahasa Arab yang kurang dimengerti. Jika kendala ini bisa diatasi, maka menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup akan lebih mudah.

Dua kendala besar itu sudah lama diupayakan oleh banyak ulama di tanah air. Pesantren Tahfiz sudah didirikan,  metode menghafal al-Qur’an dengan mudah sudah ditulis dan diperkenalkan. Hasilnya, sedikit banyaknya sudah nampak, sayang tingkat presentasenya belum sampai 5 % dari populasi muslim tanah air.

Kemajuan teknologi rupanya membawa berkah tersendiri buat ummat islam. Melalui media ini mereka bisa lebih akrab dengan ajaran agamnya. Pusat Kajian Hadis yang konsen dengan perkembangan ilmu keislaman yang dipadukan dengan teknologi, menghadirkan produknya yang ke-3 tentang al-Qur’an. Kali ini datang untuk melengkapi kebutuhan ummat Islam akan ilmu alat (media) yang akan mendekatkan mereka kepada al-Qur’an, menjadikan mereka mudah untuk membaca al-Qur’an, memahami al-Qur’an dan mengkaji al-Qur’an, merujuk dan mencari jawaban dari al-Qur’an.

Kemudahan tersebut terangkum dalam 11 program yang terintegrasi dalam 1 program dan dimuat dalam 1 keping CD. Ke11 program tsb adalah:

1. al-Mushaf: bisa dibaca sebagaimana layaknya al-Qur’an cetak.

2. al-Qur’an dan Terjemahannya: Teks al-Qur’an dan terjemahannya bisa langsung terlihat.

3. Indeks Tematik al-Qur’an : Bisa membaca dan melihat tema isi kandungan al-Qur’an dalam bentuk skema besar, lebih detil dan lebih detil lagi, sampai akhirnya ditunjukkan ayat beserta arti tema berkaitan plus suara qori’.

4. Mencari Ayat dengan teks al-Qur’an, Arab

5. Mencari Terjemah dengan teks Indonesia

6. Mencari Tema dengan teks Indonesia.

7. Dapat mempelajari Bahasa Al-Qur’an, kata demi kata, sambil  menyimak bacaan Qori ‘ kenamaan.

8. Dapat Mendengar al-Qur’an secara utuh dengan 3 Qori kenamaan (Syeikh al-Hushori, Syeikh al-Khuzaifi, dan Syeikh Sudais)

9. Dapat merekap bacaan tadarus, sehingga dapat diketahui seberapa banyak bancaan al-Qur’an anda untuk masa tertentu.

10. Dapat membaca Tafsir Jalalain (teks asli, Arab)

11. Dapat  melihat dan membaca Hadis-hadis Keutamaan al-Qur’an.

Kesebelas program di atas, digabungkan menjadi satu perogram yang terintegrasi. Hasilnya, seseorang tidak perlu lagi membuka program lain, atau menserch di situs pencarian untuk menemukan dalil yang dicari, akan tetapi cukup dengan klik, maka jawabannya akan muncul.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, kami berharap program ini ada di setiap Laptop dan PC seorang muslim. Mereka dapat berinteraksi dengan al-Qur’an lebih mendalam lagi.

Sebelas Program di atas, bukan dibuat semua oleh Pusat Kajian Hadis, tetapi 5 diantaranya adalah diambil (dengan izin tertulis) dari beberapa situs yang sudah menjadikan programnya sebagai program wakaf dan boleh digunakan oleh seluruh ummat Islam. Sebagai contoh: al-Qur’an flash kami ambil dari Quranflash.com. al-Qur’an dengan suara dan terjemah lengkap kami ambil dari tanzil.net. Arti perkata kami ambil dari tanzil.net, demikian juga dengan Tafsir Jalalain. Yang murni buatan kami adalah : Indek tematik al-Qur’an, Hadis-hadis Keutamaan al-Qur’an dan Mesin pencarian, lalu kami Merangkum, Menata dan Memprogram ulang semua yang di atas menjadi satu, itulah yang kami kerjakan.

Dengan mengucap Bismillah, Pusat Kajian Hadis mewakafkan program yang dibuatnya ini. Dalam artian, jika ingin digandakan dan dibagi-bagikan maka kami mempersilahkan. Hak cipta dengan bentuk seperti ini adalah milik Pusat Kajian Hadis, akan tetapi jika ada perorangan atau lembaga yang ingin mengcopynya, maka dipersilahkan dengan syarat tidak untuk dikomersilkan.

Penulis berharap, program ini akan semakin sempurna dikemudian hari dengan penambahan program-program lain seperti Ulum al-Qur’an, Asbab al-Nuzul, dan Tafsir-tafsir Populer. Tentu saja, penulis mengharapkan koreksi dan saran jika di program ini ditemukan kekhilapan yang pasti tidak disengaja.

Ahirnya penulis berdoa semoga program ini menjadi amal jariah buat penulis, team PKH, Donatur, dan mereka-mereka yang programnya kita gunakan, orang-orang tua kita, kakek dan nenek kita. Hanya kepada Allah kami berserah diri, hanya kepada Allah kami berdoa, hanya kepada Allah kami bermohon. Hanya Allah saja yang menentukan semua yang terjadi di atas dunia. Amin.