خرید کریو
al-Qur'an al-Hadi | Hadis-hadis keutamaan al-Qur'an | Nasehat Untuk Penghafal al-Qur'an

Nasehat Untuk Penghafal al-Qur'an

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ:

تَعَاهَدُوا الْقُرْآنَ فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَهُوَ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنْ الْإِبِلِ فِي عُقُلِهَا

متفق عليه

Abu Musa ra berkata: Rasulullah saw bersabda:

Biasakanlah kalian membaca al-Qur’an, Demi Allah yang nyawaku ada ditanganNya, hafalan al-Qur’an itu lebih mudah lepas dari seekor onta dari ikatannya.

 

  • Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (hadis no. 4645) dan Muslim (hadis no. 1317). Selain al-Bukhari dan Muslim, hadis ini juga diriwayatkan oleh Ahmad (hadis no. 18725 dan 18854)


عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ:

إِنَّمَا مَثَلُ صَاحِبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْإِبِلِ الْمُعَقَّلَةِ، إِنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أَمْسَكَهَا وَإِنْ أَطْلَقَهَا ذَهَبَتْ.

متفق عليه

Ibn Umar ra berkata: Rasulullah saw bersabda:

Sesungguhnya perumpamaan seorang yang menjadi sahabat al-Qur’an adalah seperti seorang sahabat unta yang terikat, jika dia sering mendatanginya maka dia akan tetap menguasainya, tetapi jika dilepas maka akan larilah unta tersebut.

 

  • Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (hadis no 4644 dan 4651) dan Muslim (hadis no. 1314). Selain al-Bukhari dan Muslim, hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Tirmizi (hadis no. 2866), al-Nasa'i (hadis no.934), Ahmad (hadis no. 3437, 3764, 3816, 3962) dan al-Darimi (hadis no. 2627)


عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم :

بِئسَمَا لِأَحَدِهِمْ أَنْ يَقُولَ: نَسِيتُ آيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ، بَلْ نُسِّيَ. وَاسْتَذْكِرُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنْ صُدُورِ الرِّجَالِ مِنْ النَّعَمِ.

متفق عليه

Abdullah ra berkata:Rasulullah saw bersabda:

Buruk sekali orang yang berkata : Aku lupa ayat ini dan ayat itu, akan tetapi (katakanlah) aku terlupakan. Dan (untuk itu) bermuzakarah (mengingat-ingat) al-Qur’an-lah kalian, sesungguhnya al-Qur’an itu lebih mudah terlepas dari dada seseorang daripada binatang ternak.

 

  • Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (hadis no 4644 dan 4651) dan Muslim (hadis no. 1314-1317). Selain al-Bukhari dan Muslim, hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Tirmizi (hadis no. 2466), al-Nasa'i (hadis no.934), dan al-Darimi (hadis no. 2627).